Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Pancaroba Agar Tetap Bugar

Aktivitas fisik selama beberapa menit di pagi hari bisa memberimu energi untuk menjalani hari. Sebaiknya pasang alarm 30 menit sebelum jam bangun yang biasa kamu lakukan. Sebagai alarm, gunakan musik yang menenangkan agar kamu merasa segar dan tak terganggu ketika terbangun. Anda bisa memasukkanmakanan yang mengandung serat tinggidi dalam daftar makanan anda. Makanan yang tinggi serat pun sebagai makanan yang bisa digunakan untuk mengeluarkan racun yang menempel di usus terutama usus besar.

Tidur dan istirahat yang cukup adalah salah satu kunci dari kebiasaan hidup yang sehat. Ini sangat beralasan sebab tubuh sangat membutuhkan istirahat untuk dapat beraktifitas kembali dengan maksimal. Tetapi bila Anda tidak beristirahat dengan baik, Anda bisa mengkompensasi dengan makan lebih banyak, tetapi ini sangat tidak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Contohnya adalah dengan membatasi beraktivitas keluar rumah, mulai dari berbelanja, olahraga, bekerja sampai sekolah. Pembatasan aktivitas di luar rumah ini lah yang bisa membuat orang menjadi lebih malas bergerak dan ahirnya membuat tubuh menjadi lebih lemah, bahkan bisa menurunkan imun tubuh. Oleh sebab itu, cucilah tangan Anda, terutama sebelum makan, setelah menggunakan rest room, atau setelah bersin dan batuk.

Cara agar anak tetap bugar

Kondisi yang prima ini bisa kita dapatkan jika sistem imun dalam tubuh terjaga. Hal utama untuk mencegah penularan COVID-19 adalah menjaga kebersihan. kita perlu sering mencuci tangan dan segera melepaskan sepatu, jaket, tas, dan barang lainnya yang kita bawa segera setelah dari luar rumah. Seseorang memang disarankan mengonsumsi yang manis ketika berbuka puasa, tapi perlu diingat, mengonsumsi gula sevara berlebihan juga tidak baik bagi tubuhmu. Selain menjaga daya tahan tubuh, kamu juga wajib untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar termasuk tempat tinggalmu sehari-hari. Menjaga kebersihan memang wajib saat ini apalagi dengan banyaknya penyakit dengan kondisi akhir-akhir ini.

Supaya tubuh tidak mudah terkena penyakit saat puasa, pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi saat sahur maupun berbuka. Jangan lupa seimbangkan juga dengan memperbanyak minum air putih untuk menjaga hidrasi tubuh. Bila perlu, tingkatkan daya tahan tubuh Anda dengan minum vitamin selama puasa. Untuk itu, kita harus tetap memenuhi kebutuhan air saat puasa, yaitu delapan gelas sehari, agar tubuh tetap bugar.

Perbanyak minum air putih dan sebenarnya tidak perlu minum susu khusus untuk ibu menyusui. Akan lebih baik bila ibu menyusui mau minum minuman yang ditambah gula karena bisa menambah kalori yang sangat penting untuk ibu menyusui. Meskipun ada banyak manfaat puasa untuk anak, ini bukan berarti Anda lantas memaksakan anak berpuasa. Ada baiknya, lihat dulu seberapa jauh kesiapan dan kondisi kesehatan anak beberapa minggu sebelum bulan Ramadhan tiba. Selama bulan Ramadhan, Anda harus bangun lebih awal untuk makan sahur supaya tubuh lebih siap berpuasa seharian.

Dengan mencatat menu makanan untuk buka dan juga sahur, tentunya Anda menghindari diri dari asupan gizi dan juga nutrisi yang tidak tepat. Menjadwalkan menu makanan tentunya sangat baik bagi Anda agar dapat mengetahui asupan gizi dan juga nutrisi ke dalam tubuh kita seperti protein, vitamin dan juga senyawa lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika sedang berpuasa tentunya Anda harus tetap melakukan olahraga agar tubuh Anda tetap bugar. Tentunya ketika sedang berpuasa, kita dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, sit up, push up, yoga dan juga work out yang ringan.

Cairan tubuh memang sangat diperlukan untuk proses metabolimse tubuh. Terlebih kita berada di daerah tropis dengan cuaca yang sangat panas. Untuk itu, cukupilah kebutuhan cairan tubuh Anda ketika berbuka dan juga sahur. Hal ini bertujuan untuk menghindari tubuh kita agar tidak dehidrasi. Cairan yang dibutuhkan untuk tubuh tidak lain ialah air putih, akan tetapi bisa juga digantikan oleh susu ataupun jus buah yang segar.

Buzz