Tips Mengatasi Kejenuhan Akibat Covid

Bila sanggup memecah fokus, coba saja mendengarkan guru atau dosen sambil mengerjakan pekerjaan rumah atau tugas-tugas yang lain. Membuat jadwal dan membangun rutinitas merupakan hal yang perlu diperhatikan dengan mempertimbangkan kelompok usia anak. Jadwal rutinitas yang dapat Anda susun misalnya, jadwal tidur yang konsisten dan waktu bangun konsisten, serta faktor waktu bermain dan waktu untuk membaca. Anda dapat juga menggunakan kegiatan sehari-hari sebagai kesempatan belajar untuk anak-anak Anda.

Nah, untuk mengusir kejenuhan anak selama ‘stay at home’, yuk, simak tips-tips berikut ini. Kedua, guru perlu meninjau kembali kurikulum dan melihat esensi dari kurikulum yang ingin dicapai. Ia meminta guru agar tidak terjebak dengan materi yang sudah ada di buku teks, kemudian dipindahkan ke dunia daring. Namun, bagaimana cara mengoptimalkan sosial media saat perjalanan jauh untuk anak? Mudah sekali, mereka dapat berfoto, menonton video, atau bahkan melakukan live report tentang keadaan jalan. Siapa yang tidak punya sosial media sekarang ini, dari anak-anak sampai orang dewasa bahkan kakek-nenek juga memilikinya.

Cara menghadapi kebosanan anak

Anak-anak selalu paling bahagia dalam permainan yang diarahkan sendiri. Begitulah cara mereka mengatasi emosi dan pengalaman yang mereka alami. Waktu yang tidak terstruktur juga menantang anak-anak untuk mengeksplorasi gairah hidup mereka sendiri.

Memperkuat psychological anak juga diperlukan dalam hal ini, namun semua harus dimulai dari orang tua terlebih dahulu. Ia juga mengimbau, orang tua harus selalu sehat dan kuat hidup selalu GEMBIRA, yakni Gerak, Emosi Cerdas, Merepresentasikan makan dan minum sehat, Beribadah, Istirahat cukup, Rukun, dan Aktif. Mendengar keluhan tersebut, orang tua mungkin langsung berpikir keras mencarikan kegiatan untuk mengatasi kebosanan anak. Selain memasak makanan sehari-hari, Anda juga bisa mengajak anak untuk membuat berbagai menu makanan ringan.

Jika ada waktu luang, ajaklah mereka ngobrol tentang aktivitas mereka atau hal-hal yang mereka sukai. Dari kegiatan mengobrol ini pun Anda dapat mengetahui minat dan bakat sang anak untuk dapat dikembangkan. Selain mengatasi rasa bosan, alasan umum lainnya adalah agar si anak tidak rewel. Padahal jika dibiasakan, bermain gadget terus menerus dapat memberikan dampak buruk pada pertumbuhan anak. Sebuah kesalahan yang biasa dilakukan orang tua untuk mengatasi anaknya yang bosan adalah memberikan akses gadget pada anaknya. Bahkan banyak orang tua yang membiarkan anaknya untuk bermain gadget seharian.

Orangtua, guru, dan masyarakat tahu betul bagimana membunuh kebosanan. Sedari kecil anak-anak seakan-akan tidak dibiarkan untuk mengatasi rasa bosan mereka. Bermain game, menonton youtube, browsing web, stalking di media social adalah beberapa contoh pembuhuh rasa bosan. Berikut cara mengatasi agar tidak emosi selama masa pandemi menghadapi anak bosan di rumah.

Buzz