Tak Perlu Dipaksa, Ini Langkah Mudah Agar Anak Mau Tidur Siang

Seiring dengan pertambahan usia dan aktivitas yang dilakukan, waktu yang dipakai untuk tidur semakin berkurang. Untuk menjadi panduan Moms, berikut ciri-ciri dan tahapan tidur yang dimiliki bayi serta balita. Kalau bayi bangun di lingkungan yang berbeda dari saat ia tidur, maka ia bisa bingung dan takut sehingga sulit tidur lagi. Jadi pastikan untuk menidurkan buah hati di tempat yang sama setiap malam dengan atmosfer yang sama pula, apakah itu gelap, sunyi, hangat, dan lain sebagainya. Sama seperti rasa lapar, haus juga bisa jadi salah satu alasan kenapa bayi susah tidur.

Cara agar anak mau tidur siang

Dia menyarankan orang tua untuk tidak memulai pelatihan ini sampai bayi mereka berusia minimal 5 atau 6 bulan. Cara menidurkan bayi bisa dibilang memang gampang-gampang susah ya? Pastikan cek keamanan setiap kali Anda menidurkan bayi, baik di malam hari atau saat tidur siang.

Akan tetapi, jangan lantas menghindari tidur siang karena mitos ‘tidur malamnya nanti akan terganggu’. Tidur siang memiliki banyak manfaat untuk perkembangan anak-anak. Sayangnya, beberapa anak agak ‘susah’ untuk diajak tidur siang. Nah, berikut ini beberapa cara mudah mengajak anak tidur siang.

Selama tidur, sistem imun tubuh anak juga memproduksi protein sitokin yang berguna melawan infeksi, penyakit, dan stres. Semakin anak jarang tidur, jumlah sitokin dalam tubuh tidak akan mencukupi sehingga anak jadi lebih rentan sakit. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Atau lihat suhu dan udara untuk mengetahui apa yang mungkin mempengaruhi bayi. Ketika mengayun mereka untuk tidur, bukan lagi sesuatu yang ingin Anda lakukan karena itu membutuhkan waktu satu jam, lalu ubah . Meskipun mungkin akan menemui beberapa perlawanan, jika Anda lembut tentang transisi dan memberi sedikit waktu Anda untuk menyesuaikan, perlawanan akan minimal. Artinya, jika ingin bayi memahami waktu tidurnya di tempat tidur, bertahanlah untuk terus melakukannya selama three minggu sampai ia mulai terbiasa. Hal itu kelak akan jadi suatu kebiasaan bagi bayi, sehingga ketika Anda memindahkannya ke tempat lain dia akan tetap pada rutinitasnya.

Biasakan membaringkan bayi sebelum dirinya tertidur, idealnya saat dia mulai merasa ngantuk. Dengan demikian, bayi tidak akan terbiasa tertidur sambil digendong dan bisa belajar untuk tertidur sendiri, termasuk juga jika terbangun saat malam hari. Aktivitas tidur siang bisa jadi hal yang paling ditunggu-tunggu karena bisa rileks di tempat tidur sembari membacakan buku cerita kesukaan mereka. Ini tentu menjadi lebih efektif sehingga kamu bisa beraktivitas mengerjakan pekerjaan rumah lainnya saat anak-anak tertidur. Cari tahu yuk 7 rekomendasi boks bayi yang membuat bayi tidur lebih nyenyak. Terkadang bayi menolak untuk tidur siang, tapi tidak perlu khawatir.

Apakah Anda menikmati jogging dan berjalan kaki dengan keluarga? Jika demikian, biasakan bayi tidur di strollernya atau di gendongan. Jangan khawatir bahwa mereka tidak akan pernah tidur di field mereka. Jika anak Anda sangat sensitif dan baju tidur mereka gatal atau deterjen yang Anda gunakan mengganggu kulit mereka, maka ini akan berdampak pada tidur mereka juga. Jika rumah Anda berisik menjelang tidur, pertimbangkan mesin white noise.

Selain itu, Mama juga perlu memastikan televisi mati agar tidak menimbulkan suara, dan jauhkan anak-anak dari mainan favoritnya untuk memunculkan stimulasi mengantuk. Dengan setting ruangan yang nyaman tersebut si kecil akan lebih cepat tertidur dan tidak rewel. Usahakan anak mendapatkan asupan makanan bergizi untuk memacu pertumbuhannya.

Yang benar, anak yang kelelahan malah kehilangan tidur yang baik di malam hari. karena hormon adrenalin yang terbentuk membuat tidurnya jadi gelisah. Alhasil di malam hari anak bukannya tidur nyenyak tapi malah jadi gampang terbangun. Mematuhi jadwal tidur siang setiap hari secara tidak langsung mengajari kedisiplinan pada anak. Sekaligus membantu tubuh menghasilkan energi untuk menghadapi aktivitas berikutnya. Namun perlu diingat, kebiasaan tidur setiap bayi itu berbeda.

Buzz