Suggestions Mengatasi Anak Balita Susah Makan

Program Pangan Dunia PBB memperkirakan bahwa dalam enam bulan ke depan, sebanyak lebih dari three,four juta orang terancam kelaparan di Myanmar. Pihaknya bersiap untuk melipatgandakan bantuan makanan darurat untuk rakyat Myanmar. Kepala Perwakilan UNHCR di Indonesia Ann Maymann mengapresiasi Indonesia yang telah menyelamatkan para pengungsi Kaum Rohingya. Organisasi non-pemerintah Amnesty International juga memuji mayarakat Aceh yang telah menunjukkan rasa solidaritas kemanusiaan mereka.

Mengapa anak-anak susah untuk makan

Semakin sering anak dihadapkan pada beragam pilihan makanan, dia akan jadi bingung. Ketika si kecil mengambil bahan sesuai keinginannya, itu adalah salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Libatkan anak dalam pembuatan makanan sehingga ia merasa dibutuhkan dan penting dalam peran memasak. Jika balita Anda susah makan sayur, sesekali Anda mungkin bisa menghancurkan sayur dan mencampurkannya menjadi bistik sapi dengan citarasa manis yang sering disukai anak-anak. 5 – 10 menit sebelum jam makan, beritahu si kecil bahwa sebentar lagi sudah masuk waktu makan.

Tips lain untuk menangani Si Kecil susah makan adalah dengan membuat jadwal waktu makan Si Kecil sebagai rutinitas wajib. Sebaiknya, Si Kecil makan makanan utama sebanyak tiga kali dan menu makanan selingan sebanyak dua kali. Dengan membuatkan jadwal makan, ini akan membuat Si Kecil mengenal rutinitas dan terlatih untuk disiplin. Jika radang disertai dengan demam dan pembengkakan kelenjar, sebaiknya Mama langsung memeriksakannya ke dokter. Tujuannya ke dokter bukan cuma untuk menyembuhkan infeksi, namun juga untuk Mama bisa minta saran dokter untuk meningkatkan nafsu makan anak. Ada banyak sekali Ibu yang mengeluhkan anaknya susah makan, terutama saat anaknya berusia 1-3 tahun.

Jika Ibu khawatir tentang masalah makan si Kecil, sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan diagnosa yang lebih khusus dan spesifik. Karena setiap anak memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Liputan6.com, Jakarta Sederet cara dilakukan orangtua untuk mengatasi anak susah makan. Mulai dari membujuknya dengan makanan manis, sampai memarahi dan menolak membelikan mainan kesukaannya. Namun, ada kalanya jurus-jurus konvensional itu sudah enggak mempan. Menghadapi anak susah makan memang diperlukan kesabaran dan strategi tersendiri.

Namun, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk menikmati momen kebersamaan dengan makan bersama. Jika bayi sedang konstipasi, maka perutnya sulit mencerna makanan, hal ini sangat mungkin menyebabkan anak jarang merasa lapar. Rasa nyeri di gusi anak biasanya akan bertambah ketika ia makan langsung atau minum dari botol. Jadi wajar saja kalau ia merasa tidak nyaman makan saat tumbuh gigi. Cara lain untuk membuat makanannya terlihat menarik adalah dengan memberikan peralatan makan yang baru. Ajak si Kecil ke toko dan biarkan ia memilih sendiri peralatan makan yang disukainya.

Buzz