Suggestions Cerdas Mengatasi Balita Susah Makan

Maka dari itu, sebelum kamu meminta anak untuk menghabiskan makanan mereka, kamu bisa memulainya dengan memberikan contoh yang baik. Kamu bisa menata nasi dalam bentuk hewan yang mereka sukai atau memotong wortel dalam bentuk bintang yang cantik. Tak jarang kita punya kebiasaan masker tak diganti lebih dari 6 jam. Tak jarang kita menjumpai orang pura-pura sakit dengan berbagai motivasi tertentu.

Ikatan Dokter Anak Indonesia menganjurkan untuk memberi jarak minimal tiga jam sebelum masuk ke waktu makan selanjutnya. Konsultasikan dengan dokter guna mencari tahu penyebab pasti yang dialami si kecil. Penting untuk dipahami kalau kondisi ini berbeda dengan alergi makanan, yang disebabkan oleh reaksi sistem imun. Jika si kecil baru saja sembuh dari penyakit, mereka mungkin merasa makanannya hambar. Gunakan perlengkapan makan dengan gambar dan warna menarik atau yang ia sukai. Untuk balita, mengonsumsi makanan padat adalah hal atau kemampuan yang baru bisa ia lakukan.

Namun juga perlu diingat agar menu ini dapat memenuhi kebutuhan gizi, nutrisi, kalori anak, dan tentu juga harus higienis. Ibu tidak hanya dituntut untuk pintar memasak namun ibu juga dituntut untuk bisa pintar dalam menyajikan makanan. Anak akan menjadi berselera untuk memakan makanannya jika tampilan makanan menarik. Salah satu cara menyajikan menu makanan dengan tampilan yang menarik adalah bento.

Alergi makanan tertentu dapat membuat anak-anak menghindari jenis makanan tertentu. Ada banyak anak yang sangat cerewet dalam hal tekstur, sehingga mereka menolak makan berhari-hari, sedangkan para ibu berusaha keras untuk menemukan alasan di balik itu. Cobalah untuk membuat buang air besar lebih teratur, jika perutnya dalam kondisi nyaman, nafsu makan akan membaik. Buatlah jadwal makan yang tetap, yaitu three kali waktu makan utama dan 2 kali makan camilan setiap hari, serta batasi waktu sekitar 30 menit untuk setiap waktu makan.

Tumbuh kembang anak di masa balita sangat dipengaruhi oleh nutrisi atau asupannya sehari-hari. Kalsium adalah salah satu makronutrien penting yang dibutuhkan oleh anak, terutama untuk pertumbuhan. Awalnya mungkin berantakan, tapi lama-kelamaan juga si Kecil akan mahir belajar makan sendiri. Si Kecil pun akan merasa semangat karena diberi kesempatan untuk belajar.

Memiliki anak yang sehat dan penuh akal pintar adalah dambaan kebanyakan orang tua, hal ini tentunya tidak bisa didapatkan dengan cara mudah. Jika si Kecil sedang sakit butuh, ia mungkin perlu suplemen vitamin untuk mempercepat masa penyembuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Tetaplah mengonsumsi obat sesuai anjuran yang diberikan dokter.

Konsistensi memberikan asupan nutrisi yang baik untuk menjaga imun dan kesehatan akan membuat si kecil merasa lebih baik, dan Anda, sebagai orangtua, juga akan merasa lebih baik. Alih-alih menyuruhnya makan, berikan saja contoh orang tua yang sangat menikmati makanan. Anak akan melihat saat ibu dan ayahnya makan dengan lahap dan mesra penuh kasih sayang. Untuk bikin si kecil mau makan terus, coba selalu bikin menu baru dengan sedikit modifikasi.

Mengapa anak-anak susah untuk makan

Cara kedua yang perlu Sobat lakukan supaya anak Sobat mau makan adalah buatlah lingkungan yang menyenangkan, penuh keakraban, dan tidak ada paksaan. Dengan cara seperti ini akan merasa tidak ada tekanan atau keharusan untuk makan sehingga mereka tidak akan melawan atau memberontak. Efek lainnya, si kecil bisa mengalami gangguan pencernaan, karena menumpuknya zat yang tidak bermanfaat di dalam dinding lambung. Nah, kamu tidak harus menghindari complete junk meals ini, boleh memberikan asalkan sesuai kontrol. Kamu harus melibatkan anak atas setiap kegiatan yang dilakukan. Jika disertai multitasking seperti kegiatan di atas, anak akan fokus pada jalan-jalannya, nonton TVnya atau bermain gadgetnya saja.

Hindari memaksa si kecil yang masih berumur 3 tahun untuk menggunakan alat makan yang benar. Alhasil, kalori yang didapatkan anak dari makanan dan minuman tidak mencukupi kebutuhan hariannya. Sisi baiknya, cara ini dapat mengajarkan anak untuk lebih memahami kapan tubuhnya merasa lapar dan kapan sudah cukup makan.

Jika ibu tidak bisa menata makanan dengan baik ibu bisa mengikuti les khusus bento. Ketiga, tidak pernah memaksa anaknya untuk mau makan saat itu juga. Jika ternyata anak masih belum mau makan, tunggulah sekitar 1 jam, kemudian suapi kembali.

Buzz