Si Kecil Takut Kotor? Pahami Psikologinya!

Selain berinteraksi langsung dengan elemen alam, Mam juga bisa menstimulasi si kecil dengan memintanya menggambar objek-objek alam seperti bunga, pohon, batu, dan lain-lain. Langkah ini sekaligus melatih si kecil mengembangkan keterampilan menggambar dan mewarnainya. Untuk mendorong perkembangan kognitifnya, dibutuhkan pengalaman dan simulasi. Pengalaman yang Si Kecil dapatkan akan direkam dan disimpan dalam otak untuk kemudian digunakan ketika ia menghadapi hal yang serupa.

Untuk terapi OCD gejala ringan rata-rata membutuhkan total waktu 10 jam setiap sesi pertemuan dengan psikiater. Sedangkan bagi yang gejala lebih parah, dibutuhkan sesi pertemuan lebih panjang. Berikan Nutrisi, Inspirasi, & Stimulasi tepat untuk bantu Ia siap belajar.

Cara agar anak tidak takut kotor

Agar pelajaran mencuci ini lebih mudah dipahami, pastikan Smart Mom menggunakan mesin cuci yang mudah digunakan dan aman. Salah satu yang direkomendasikan adalah Electrolux UltimateCareTM, mesin cuci berteknologi tinggi. Gunakan juga Attack Anti Bau, deterjen cair yang cocok untuk semua jenis mesin cuci supaya tidak meninggalkan residu di pakaian maupun mesin cuci. Mengajarkan Si Kecil mencuci pakaian, minimalnya untuk pakaiannya sendiri bisa menjadi salah satu bentuk kemandirian. Pakai masker saat berkendara di mobil sendirian merupakan hal wajib atau tidak ya?

Sensory play sangat bagus untuk Si Kecil, karena dengan mengeksplorasi lewat indra merupakan cara ia untuk memahami dan mempelajari dunia di sekitarnya. Lebih dari itu, sensory play ternyata memiliki segudang manfaat bagi tumbuh kembang Si Kecil. Bila sudah dua kali diperingatkan namun anak masih juga berbicara kasar, Anda perlu mendisiplinkannya. Katakan dengan tenang namun tegas, “Kevin, Ibu sudah kasih tahu dua kali, kamu tetap berkata kasar. Sekarang Kevin tidak boleh makan es krim yang kemarin kita beli.” Tunjukkan pada anak bahwa Anda tidak suka pada perbuatannya.

Meskipun bayi tidak dapat berjalan sesuai kecepatan orang dewasa, memperlihatkan mereka cara jalan yang benar akan membantu. Memegang lengan dan tangan mereka saat mencoba dan berjalan dapat memotivasi mereka. Dalam hal ini, kata dia, peran orang tua penting dalam membuka pikiran anak terhadap hal yang ditakuti itu tidak terlalu menakutkan. Ini berguna, agar nantinya tidak timbul gangguan ketakutan berlebihan terhadap sesuatu ketika anak tumbuh dewasa. Penderita mysophobia dalam fase akut, jelas dia, biasanya akan mengalami gemetar, jantung berdebar-debar, berkeringat, atau bahkan menangis ketika dirinya merasa terkena kotoran atau kuman bakteri. Segala jenis fobia termasuk mysophobia, berkaitan dengan gangguan psychological obsesif-kompulsif .

Tidak heran bila ia jadi punya sedikit teman, susah bersosialisasi, dan cenderung menyendiri. Jika pengidap sampai menderita penyakit kulit, maka kondisi ini bisa menyebabkan stres yang berlebihan dan bisa berisiko depresi. Ketika siap untuk melakukan rest room training, Bunda perlu mengajarkan anak mengutarakan keinginan BAB dan BAK dengan bahasa yang mudah diucapkan. Pada proses pembelajaran, Bunda bisa menggunakan pispot atau potty seat khusus anak sebagai langkah awal cara mengajarkan toilet coaching pada anak. Ajari pula Si Buah Hati untuk membilas alat kelamin sedini mungkin. Berikut adalah hadis yang membicarakan tentang hukum berkata kotor dalam Islam.

Meski sudah besar, anak sulung saya yang umurnya enam tahun masih takut ke kamar mandi sendirian di malam hari. Ela juga menambahkan, anak di bawah umur enam tahun harus diberikan latihan sensoris. Jika tidak diberikan latihan sensoris, pengalaman sensoris anak akan tidak matang dan menyebabkan gangguan belajar seperti sulit konsentrasi dan lambat dalam membaca. “Ketika ada keluarga dengan anak dengan fobia, mereka kadang-kadang datang dan berkata, ‘Untungnya, kami tidak bertemu anjing minggu ini,’ dan saya berkata, ‘Untungnya? Pelajarilah hal-hal yang akan membantunya menghadapi ketakutan ,” kata Dr. Chansky. Para ahli menyarankan orang tua agar memberi kesempatan kepada anak-anak mereka untuk bermain kotor-kotoran.

Bermain di tempat kotor juga akan memberikan manfaat yang cukup baik untuk si kecil. Salah satunya adalah membuat si kecil memiliki antibodi yang bisa menjaga kekebalan tubuhnya ketika suatu saat terpapar bakteri atau virus lagi. Menghalangi anak untuk bersentuhan dengan permainan yang kotor justru akan membuatnya memiliki sistem imun yang lemah.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa sikap penuh kesadaran semacam ini memiliki dampak positif dalam mengurangi perilaku terkait stres seperti merenung berkepanjangan dan khawatir. Sikap fokus terhadap suatu momen membuat seseorang cenderung tidak memiliki energi untuk cemas akan hal lain. Vanili sebagai aroma atau jika dicampur dalam makanan tidak hanya menekan keinginan untuk memakan sesuatu yang manis, melainkan juga menimbulkan pembentukan Serotonin di otak. Oleh sebab itu baik wangi maupun rasa vanili meningkatkan perasaan positif. Orang dewasa dianjurkan memakan vitamin C antara seventy five sampai 150 miligram per hari.

Buzz