Sabar

Sebagai orang dewasa, penting bagi kita untuk berurusan dengan hal-hal yang kita alami sebagai anak-anak dan menempatkannya dalam sebuah konteks, ujarnya. Pada usia 9 tahun Nujood Ali dinikahkan secara paksa oleh orangtuanya. Dua bulan setelah menikah, akibat tidak tahan menerima kekejaman suaminya, Nujood melarikan diri.

Di bulan puasa, umumnya banyak disajikan makanan dengan kadar gula tinggi, seperti berbagai macam es buah, kolak, aneka jajanan. Pastikan anak tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula. Saat sahur, pilih makanan yang mengenyangkan dengan indeks glikemik yang rendah, seperti beras merah, ubi, singkong, kacang hijau, sayur-sayuran, dan buah.

Jika akhirnya kita tidak mampu mengontrol emosi, maka seringkali anak menjadi tersakiti. Apalagi dalam islam anak tentu memiliki kedudukan yang istimewa, sebab tidak semua pasangan suami istri mendapatkan keberuntungan untuk dapat menimang momongan. Kewajiban orang tua terhadap anak berlaku juga mendidik anak dengan kasih sayang tanpa memarahinya.

Akan sangat baik jika Anda bertanya apa yang diinginkannya, sehingga anak bisa mengambil sikap yang tepat ketika berada di sebuah kondisi sosial yang mereka hadapi. Sikap seperti ini salah dan Anda bahkan harus mencegah orang lain untuk mengatakan hal tersebut pada anak Anda. Saat orang lain menyebutnya pemalu atau bahkan penakut, cobalah untuk memberikan pembelaan pada anak. Dalam perkembangannya, anak memiliki rasa takut sehingga dapat mempengaruhi perilaku mereka ketika bergaul bersama teman maupun orang-orang di sekitar. Setiap orang pasti pernah dihadapi persoalan atau masalah yang sulit nan pelik.

Bagaimana cara untuk memberi tahu anak dengan sabar

Memberikan maaf memang bukan perkara mudah, namun alangkah lebih baiknya jika sebelum tidur untuk berusaha memaafkan kesalahan orang lain. Dengan begitu, Anda dapat istirahat dengan hati yang bersih. Tidak ada seorang pun yang bilang bahwa sabar itu mudah, namun akan sangat rugi apabila menyia-nyiakan pahala dari buah kesabaran tersebut. Mencari tahu penyebab tantrum pada anak bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya bertanya pada Si Kecil yang belum fasih berbicara “Sayang, kamu lapar? Setiap murid memiliki keunikan dan karakternya masing-masing, inilah yang membuat setiap murid tidak bisa ditangani dengan cara yang sama.

Lebih dekatlah dengan anak-anak agar mampu mengetahui apa yang dia suka, apa yang ingin atau tak ingin dilakukannya, kapan jadwal tidurnya, dan lain sebagainya. Mulailah sejak dini untuk mengajarkan anak-anak kamu sholat. Meskipun tak selalu melaksanakan sholat dengan penuh dan khusuk, namun ini bisa melatih anak bagaimana sholat. Saat anak telah memahami mana arah kanan ataupun arah kiri, kamu bisa mengajarkan mengenai arah kiblat.

Buzz