Penyebab Dan Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan Nasi

Jangan pernah membandingkan anak yang sulit makan, baik dengan teman sebayanya atau dengan kakaknya. Atau, bagi Ibu Super jangan merasa sedih jika melihat anak lain makan dengan lahap, karena setiap anak memiliki pola makan yang berbeda-beda. Tetap semangat untuk memberikan pengertian agar anak-anak memiliki semangat makan yang tinggi. Salah satu penyebab lain anak-anak susah makan adalah temper mereka yang sedang tidak baik. Karena, sebagai orang tua tidak ada salahnya dan malah sebuah kewajiban untuk menuruti kemauan anak, asalkan dalam batasan tertentu dan masih dalam batas wajar. Kalau ini penyebabnya, berarti Anda harus segera mengembangkan kreativitas untuk mendapatkan ilham menu-menu baru.

Dalam penelitiannya tersebut, Hye Ran Yang juga menjelaskan cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan makan pada anak. Ikatan Dokter Anak Indonesia menambahkan untuk mengajak anak makan bersama di meja dan makan secara mandiri. Upaya itu dapat meningkatkan ketertarikan anak untuk makan mengingat bahwa anak kecil adalah peniru yang sangat handal.

Anak-anak memiliki perut yang lebih kecil, jadi tidak perlu banyak waktu dan makanan untuk membuat mereka kenyang. Dan jika seorang anak tidak merasa lapar pada waktu makan, mereka cenderung tidak akan makan. Jika Anda mendapati diri menyajikan jenis makanan yang sama berulang kali, mungkin dengan melakukan sedikit perubahan dapat membantu membangkitkan nafsu makannya. Jadi, jika Anda menaruh terlalu banyak di atas piringnya, anak mungkin tidak akan menghabiskannya. Ini bukan karena mereka tidak bernafsu makan, tetapi karena mereka sudah kenyang. Cobalah untuk meletakkan porsi yang lebih kecil di depan si kecil.

Namun, pastikan untuk memberikan makanan bergizi supaya memenuhi kebutuhan tubuhnya. Untuk anak yang sudah lebih besar, Bunda dapat mengatur strategi dengan mengajaknya ke grocery store. Mintalah Si Kecil untuk memilih dua jenis buah dan sayuran serta satu jenis camilan. Setiba di rumah, ajaklah Si Kecil menyiapkan makanan sebelum mengonsumsinya.

Walhasil, feses menjadi sangat keras dan kering sehingga susah bergerak. Tatkala mencapai rektum, sebagian besar air di usus besar sudah terserap dan feses sulit keluar. Anak akan merasa kesakitan ketika hendak mengeluarkan feses dan tidak nyaman beraktivitas. Kalimat di atas mungkin sering kita dengan ketika terjadi percakapan antara ibu dan anak saat waktu makan tiba. Jika perlu, ibu bisa mencicipinya di depan anak supaya anak mengikuti. Misalnya, terlalu memaksakan waktu dan jumlah, tidak dengan lemah lembut waktu membujuk, sehingga anak melawan.

Hmm ini juga trik jitu untuk menyembunyikan keberadaan sayur bagi anak yang susah makan sayur. Seperti kreasi makanan sehat berdekorasi ala Que Phuong Tran ini misalnya. Ibu asal Vietnam yang tinggal di Perancis ini sering membagikan berbagai meals artwork di Instagram dan Facebook pribadinya. Menu makanan dengan sentuhan artistik ini disajikan untuk anaknya, Liam.

Bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan

Rasa nyeri di gusi anak biasanya akan bertambah ketika ia makan langsung atau minum dari botol. Jadi wajar saja kalau ia merasa tidak nyaman makan saat tumbuh gigi. Begitu banyak alasan yang membuat bayi kehilangan nafsu makan. Menurut Mom Junction, beberapa hal di bawah ini adalah alasan-alasan yang paling sering membuat bayi tidak nafsu makan. Adakalanya anak yang susah diajak makan karena lagi asyik-asyiknya bermain atau menonton telivisi, jadi ibu harus lebih pintar merayunya.

Penting bagi para orangtua untuk mencatat poin-poin ini dan memahami alasan sebenarnya mengapa anak tidak mau makan, alih-alih memberi makan secara paksa. Jika anak masih menolak untuk makan bahkan setelah mempertimbangkan berbagai hal di atas, mungkin ada beberapa penyabab lain di baliknya. Ini tentu membuat kita sebagai orangtua mengkhawatirkan apakah kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan si kecil terpenuhi. Makan bersama dengan keluarga lainnya membuat makanan yang tersaji terasa lebih menggoda. Dengan makan bersama, anak pun akan terdorong untuk ikut menikmati sajian yang telah disediakan. Beri kesempatan anak menentukan seberapa banyak jumlah makanan yang diasup.

Buzz