Ibu, Begini Cara Sederhana Membiasakan Anak Tidur Siang

Pastikan Anda selalu menidurkannya pada jam dan tempat yang sama. Setelahnya, Mama bisa mematikan lampu kamar dan menggantinya dengan lampu tidur yang lebih redup. Membangunkan anak sahur di bulan puasa memang jadi tantangan tersendiri. Tenang, simak berbagai suggestions membangunkan anak sahur berikut ini.

Cara agar anak mau tidur siang

Saat tidur, otak akan beristirahat sejenak dan tidak terus-menerus bekerja, sehingga memori dan tingkat pembelajaran bayi pun akan menjadi lebih tinggi. Dorongan semangat ini akan berbuah manis dan si kecil justru bersemangat untuk tidur siang. Saat bayi tidur siang, ibu bisa melakukan pekerjaan yang tertunda akibat mengurus bayi seharian. Sebelum memasuki jam tidurnya, Mama bisa mencoba memberikan sentuhan atau pijatan lembut padanya sebagai cara dalam menciptakan kondisi yang membuatnya cepat mengantuk.

Masing-masing pilihan ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Jika si buah hati sering gelisah dan terbangun dari tidur, ganjal sisi tubuhnya dengan bantal kecil atau buntalan selimut sehingga bayi merasa ada yang menjaganya. Jangan gunakan pewangi ruangan dan obat pengusir nyamuk yang bisa membuatnya sesak. Pakailah kelambu yang bisa melindungi bayi dari serangan nyamuk. Maka, pergunakan kesempatan emas ini untuk mengajak anak tidur siang.

Daripada melakukan hal itu, lebih baik awasi bayi terlebih dahulu, jika tangisannya tidak berhenti dan mereka tidak tertidur, maka kamu bisa menggendongnya. Tingkat pembelajaran dan memori buah hati lebih tinggi saat mendapatkan tidur siang efektif. Hal ini terjadi karena otak anak mendapatkan istirahat sebentar dan tidak dipaksa bekerja terus-menerus.

Agar anak tidur dengan nyaman dan tenang, sebaiknya matikan lampu kamar atau jika anak takut gelap bisa menggunakan lampu kamar sedikit redup. Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Hilangkan semua gangguan yang bisa mengalihkan perhatian bayi untuk tidur siang.

Buzz