Agar Bayi Cepat Gemuk

Ada beberapa anak yang sulit untuk tidur walaupun sudah dalam keadaan capek. Mungkin banyak mama yang sangat khawatir dengan keadaan seperti itu. Wajar jika orangtua ingin mengawasi anak sekalipun saat tidur. Jika bayi merasa gelisah, bersin, cegukan, menangis kecil, dan sebagainya, orangtua tidak dianjurkan untuk langsung menghampirinya.

Untuk anak usia 1-3 tahun, mereka membutuhkan sekitar jam tidur dan usia 3-6 tahun sekitar jam tidur sehari. Penggunaan aromaterapi dapat menimbulkan suasana yang rileks dan menenangkan sehingga membuat anak nyaman. “Itu juga bisa pakai untuk anak anak juga dan yang dewasa,” kata dr Inggrid. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyalakan kipas atau suara lainnya yang cenderung kalem atau menenangkan. Suara tersebut bisa dari lagu, instrumen, atau suara angin yang berhembus.

Saat dia hampir tidur, taruh dia dan biarkan dia tertidur sendiri. Jangan menunggu sampai dia benar-benar tertidur di pelukan Anda. Ini bisa menjadi perilaku yang membutuhkan perjuangan dan harus disingkirkan di kemudian hari. Setelah mengetahui pola tidur siang dan malam regular pada bayi berdasarkan tabel di atas, yuk mulai membantu si Kecil tidur sesuai dengan durasi yang disarankan, Bu. Saat pagi hari, jangan larang anak Anda untuk beraktivitas.

Pada dasarnya, anak senang dengan rutinitas karena bisa membuatnya tenang dan nyaman. Bila orang tua berhasil menerapkan rutinitas menjelang tidur, maka si Kecil pun dapat mudah terlelap. Lakukan rutinitas pengantar tidur seperti membacakan dongeng atau cerita yang membuat anak relaks. Jangan lakukan aktivitas berat lagi seperti bermain lari-larian atau berlompatan diatas tempat tidur. Rutinitas ini bisa dilakukan 1 jam sebelum tidur, agar ketika waktu tidur tiba, anak sudah dalam keadaan mengantuk dan bisa segera tidur.

Bagaimana cara agar anak cepat tidur

Hal ini dikarenakan kandungan tritophan pada ASI bisa meningkatkan kualitas tidur si kecil. Menurut Astrini, sebenarnya dari usia dini pun kebiasaan tidur bayi sudah mulai moms atur. Namun ingat, usia yang berbeda menuntut pola tidur yang berbeda pula. Dengan melakukan kebiasaan ini, bayi akan memahami ketika jam tidur tiba.

Dengan demikian, bayi tidak akan terbiasa tertidur sambil digendong dan bisa belajar untuk tertidur sendiri, termasuk juga jika terbangun saat malam hari. Durasi waktu tidur siang yang ideal adalah antara 1-2 jam setiap harinya. Usahakan untuk menggabungkan waktu tidur siang yang terpisah menjadi 1 sesi tidur siang yang pulas dan berkualitas.

Tapi, saya dan suami jadi harus menemani ia bermain dulu sampai tenang, karena hidungnya mampet sehabis menangis. Kalau dipaksa menyusu dan tertidur, nantinya ia akan menangis lagi, dan siklus yang sama berulang lagi sampai 1 jam kemudian. Jangan lupa untuk memantau kondisi kesehatanmu secara rutin ya, Gengs! Melalui buku kesehatan, Kamu dapat menghitung kalori harian, cek IMT, masa subur wanita, hingga prediksi kelahiran si Bayi.

Selain itu, membedong juga membuat posisi bayi senantiasa terlentang, sehingga meminimalkan dampak kematian mendadak saat tidur akibat tidur tengkurap. Untuk melancarkan gerakan tangan saat memijat tubuh bayi, gunakan minyak khusus pijat bayi yang umumnya berfungsi sekaligus sebagai penghangat. Setel suhu dengan tepat di kamar, tidak kelewat panas tapi juga tidak terlalu dingin. Kondisi ini menguntungkan bagi bayi jadi lebih awal tidurnya dan tidak rewel. Ibu dapat melakukan cek kesehatan perut di Tummypedia satu kali setiap hari. Padahal, sarapan punya banyak manfaat untuk si kecil, seperti meningkatkan konsentrasinya untuk belajar dan memenuhi energinya untuk beraktivitas.

Awasi dari jauh sejenak sebelum mendatangi dan memastikan kondisinya. Bermain pasir buatan atau sand tray dapat menenangkan anak batita dan memiliki fungsi terapi, begitu pula menyusun balok. egiatan sebelum tidur sebaiknya jauh dari gerakan melompat, berlari atau gerakan besar lainnya. Gerakan-gerakan ini dapat ‘membangunkan’ tubuh, sehingga ia terjaga yang akibatnya ia akan sulit diajak tidur. Pastikan tidak ada lagi suara bising, televisi yang menyala, dan jauhkan dari semua mainan yang dapat menstimulus anak untuk bangun dan bermain. Proses pengobatan atau penanganan anak-anak yang mengalami depresi, umumnya sama seperti dengan penanganan terhadap orang dewasa.

Anda dapat mencoba dengan mencari tempat tidur yang nyaman untuk bayi. Misalnya mencari tempat tidur baru atau memindahkan ke kamar berbeda dari semula. Di mana pun tempat yang Anda pilih, pastikan bayi Anda cocok untuk tidur. Anda dapat mencoba berbagai ruangan hingga dinilai sesuai untuk bayi.

Buzz