6 Cara Ajarkan Anak Berpikir Kritis

Ibnu Rusyd kecil sendiri adalah seorang anak yang mempunyai banyak minat dan talenta. Dia mendalami banyak ilmu, seperti kedokteran, hukum, matematika, dan filsafat. Berawal dari penyakit Al-Mashur yang susah dicarikan obatnya, maka didatangkanlah Jurjis ibnu Bakhti Yashu, seorang dokter Nestoria yang terkenal, dari akademi Kedokteran Jundi Syapur Ke istana Abbasiyah. Suatu Peristiwa yang memberikan pengaruh yang besar atas perkembangan sains dan seni pengobatan pada masa selanjutnya.

Proses ini tidak akan pernah berhenti selama seseorang masih hidup dan beraktivitas. Pemerintah tetap menghimbau masyarakat di kawasan aglomerasi untuk tetap membatas mobilitas, tidak bepergian dulu. Pertemuan langsung dengan anggota keluarga yang lebih tua berisiko mengakibatkan penularan covid 19. Pekerja migran Indonesia dan mahasiswa atau pelajar di luar negeri, atau pemulangan orang dengan alasan khusus dari pemerintah sampai ke daerah asal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Invasi dalam bentuk pengerahan kekuatan militer tidak lagi menjadi pilihan bagi negara – negara memiliki kepentingan atas negara lain. Ideologi, politik, ekonomi dan budaya kini merupakan pilihan negara – negara lain untuk memaksakan kepentingannya dan “menaklukan” negara lainnya. Namun demikian, dampak yang ditimbulkan menyentuh hampir seluruh sendi – sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di perkotaan maupun hingga pelosok desa.

Cara untuk menanggapi pertanyaan kritis dari anak

Hasil kegiatan pembelajaran berupa karyakarya individu atau kelompok siswa dipajang di kelas. Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan belajar melalui berbuat. Pembelajaran dengan model PAKEM membuat guru bukanlah satu-satunya sumber belajar yang mutlak dan benar. Sementara, ada sixty six persen dikategorikan tidak stabil secara emosi, sensitif, mudah kecewa, mudah marah, dan mudah dipengaruhi. Mayoritas keterampilan sosialnya rendah, dan sekitar 90 persen memiliki masalah psikologis, gangguan pikiran, dan masalah perilaku. Setidaknya 26 persen memiliki masalah keluarga, dan hanya four persen yang bermasalah secara ekonomi.

Setelah saya pahami dan diskusikan, sebenarnya didalam video mini drama tersebut tersirat semua aspek yaitu historis, Sosiologis, dan Politis. Kemudian dari segi Politis, Pemerintah mengambil peran sangat penting yang mana memberikan informasi dan pendidikan seputar penyebaran covid-19 kepada masyarakat dan mengeluarkan aturan social distancing yang harus dipatuhi oleh masyarakat. Seperti dalam cuplikan video disebutkan bahwa pada orde baru dulupun Pemerintah pernah melakukan program pendidikan pemantapan nilai-nilai pancasila untuk masyarakat dan pejabat-pejabat yang berguna sebagai informasi dan dapat diterapkan dikehidupan bermasyarakat.

Buzz