10 Cara Menggemukkan Badan Anak Agar Berat Badannya Ideal

Sereal mengandung serat tinggi sehingga baik untuk kesehatan pencernaannya dan mampu menjaga tubuhnya agar tidak mudah lemas. Di momen ini, bayi akan mengenal rasa, tekstur, dan berbagai bentuk makanan. Buat waktu makan yang singkat sekitar 10 menit sehingga ia tidak bosan. Pastikan makanan sudah siap disajikan sebelum anak Anda duduk di meja makan. Beberapa tips berikut dapat dilakukan untuk menyiasati kesulitan anak Anda makan. • Porsi disesuaikan dengan kebutuhan anak, bisa dengan porsi kecil tapi lebih sering.

Selanjutnya bayi 12 bulan ke atas, makanan utamanya diberikan 3-4 kali, diselingi 1 camilan. Pada usia satu tahun, anak memiliki kemampuan baru untuk menentukan kendali atas berbagai hal. Termasuk ketika anak 1 tahun susah makan, mereka sedang mempraktikkan kemampuan untuk mengambil keputusan secara mandiri. Tak hanya enak, ibu juga bisa buat makanan dengan tampilan yang menarik, seperti mencetak nasi goreng menjadi bentuk beruang, atau kelinci. Letakkan juga makanan di wadah favorit si kecil agar ia menjadi semakin tertarik. Sebagai orangtua, Anda harus dapat memperkirakan asupan kalori anak agar tidak kurang dari kebutuhan gizi anak agar tidak kurang dari kebutuhannya.

Ubi jalar mengandung potasium, vitamin C, serat, dan beta karoten yang mampu menangkal tubuh dari paparan radikal bebas. Intinya, selalu temukan ide-ide terbaru untuk mengajak bayi makan dengan lahap tanpa harus memaksanya. Moms juga bisa membuat selai kacang yang dioleskan pada roti gandum untuk membantu berat badannya agar meningkat dengan optimal. Journal of Nutritional Science and Vitaminology juga menyebutkan, protein berguna untuk penyempurnaan organ tubuh, seperti pertumbuhan jaringan otot, tulang, hingga rambut. Hindari memberikan camilan dalam jumlah dan porsi yang terlalu besar karena berisiko membuat bayi tersedak. Jangan-jangan, cemilan tersebut penuh karbohidrat atau porsinya terlalu banyak sehingga bayi enggan untuk makan besar.

Moms bisa menjadi contoh dalam memakan sayur sebelum menyuruh buah hati tercinta melakukannya. Salah satu peraturan pemberian porsi makan untuk batita yang baik untuk diikuti adalah pemberian 1 sendok makan cemilan per tahun usia anak. Jadi jika anak berusia 2 tahun, berikan 2 sendok makan cemilan di antara waktu makannya. Cara menambah nafsu makan anak yang pertama adalah dengan membuat tampilan makanan jadi lebih menarik. Jika anak-anak tidak mau makan sayuran, cobalah dengan mencelupkannya. Beberapa orang tua melakukan percobaan pada anaknya untuk mencelupkan bahan makanan yang mereka suka dengan bahan makjanan yang tidak mereka suka.

Dengan pembatasan kalori yang masuk ke tubuh dan berolahraga secara rutin, berat badan yang sehat bisa ibu miliki. Perbanyak konsumsi buah-buahan sebagai camilan jika kerap merasa lapar. “Sayur kandungan energinya sedikit. Anak-anak belajar menyukai bahan pangan kaya energi, karena mereka membutuhkan energi untuk tumbuh”, jelas Sylvie Issanchou. Issanchou adalah koordinator proyek HabEat, proyek penelitian sebelas institut riset dari enam negara Eropa. Para ilmuwan meneliti cara “membujuk” anak usia enam bulan hingga enam tahun agar mau makan sayur. Agar anak selalu ingin makan dan menganggap waktu makan sebagai waktu yang ditunggu-tunggu maka buatlah proses makan sebagai hal yang meyenangkan bagi anak.

Cara agar anak mau makan banyak

Coba tawarkan menu favorit anak namun pastikan kandungan gizi tetap terjaga. Buat kreasi makanan menjadi lebih ceria dan menarik perhatian anak. Dengan menciptakan suasana makan yang menarik dari lokasi dan menu, maka anak akan tertarik untuk menghabiskan menu yang disiapkan. Yogurt dapat menjadi alternatif snack yang sehat, bahkan bisa jadi bagian dari menu sarapan.

Buzz